News dan Informasi Terkini

Ratusan Siswa SLTA Bedah Soal UN di STKIP Yasika

Oleh : Admin

129

MAJALENGKA – Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) STKIP Yasika Majalengka cukup peduli terhadap para siswa SLTA di wilayahnya yang dalam waktu dekat akan menghadapi Ujian Nasional (UN). Kepedulian tersebut mereka tunjukkan dengan mengajak para siswa kelas XII SLTA untuk berlatih mengerjakan soal UN melalui kegiatan bedah soal UNBK mata pelajaran Matematika.

Ketua panitia Bedah Soal UN SLTA tahun 2020 STKIP Yasika Majalengka, Erlinda Isulis Marissa mengatakan, kegiatan bedah soal UN merupakan salahsatu kegiatan rutin tahunan yang digelar Himpunan Mahasiswa Matematika STKIP Yasika Majalengka. Tujuan kegiatan antara lain untuk membantu para siswa kelas XII SLTA dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional khususnya pelajaran Matematika yang selama ini selalu dianggap sulit oleh para siswa.

“Dengan kegiatan bedah soal Matematika ini diharapkan para siswa mampu mengatasi kesulitan soal Matematika saat ujian nasional nanti, karena mereka sudah dapat gambaran bagaimana cara mengerjakan. Kalau mereka tahu cara mengerjakan sebuah soal, itu kan ketika dihadapkan dengan soal sesulit apapun akan bisa mengerjakannya sehingga tidak ada alasan lagi bahwa pelajaran Matematika mendapat nilai kecil,” jelas Erlinda kepada media di sela acara bedah soal Matematika di kampus STKIP Yasika Majalengka, Minggu (23/02).

Dijelaskannya, dalam kegiatan bedah soal UN Matematika yang berlangsung dari pukul 09.00 sampai 12.30 WIB tersebut, sekitar 300 orang siswa dari SMA, SMK dan MA yang ada di wilayah Majalengka mengikuti. Para siswa cukup antusias membedah soal UN Matematika yang dibimbing langsung mahasiswa Prodi Matematika yang selama ini sudah aktif di organisasi Himatika.

Sementara itu Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni, Rully Khoeru Solihin, M.Pd saat membuka acara mengatakan, STKIP Yasika Majalengka merupakan salahsatu perguruan tinggi swasta di Majalengka yang menyiapkan tenaga-tenaga pendidik atau guru professional di bidang Matematika dan Bahasa Indonesia. Hal itu dilakukan dengan menyelenggarakan pendidikan dengan Program Studi Pendidikan Matematika (Dikmat) dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI).

“STKIP Yasika dengan dua Prodi yang sudah berjalan yakni Pendidikan Matematika dan PBSI, setiap tahun melahirkan sarjana-sarjana professional di bidang pendidikan Matematika dan Bahasa Indonesia. Selain melaksanakan program Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, STKIP Yasika Majalengka juga melalui organisasi kemahasiswaan seperti Senat dan Himpunan Mahasiswa Matematika berupaya memberikan peran dalam memajukan pendidikan di Majalengka dan daerah sekitarnya,” jelas Rully Khoeru Solihin.

Menurutnya, STKIP Yasika Majalengka melalui Himpunan Mahasiswa Metamtika dan Himpunan Mahasiswa Bahasa, setiap tahun menyelenggarakan kegiatan bedah soal UN untuk para siswa kelas XII yang akan menghadapi ujian nasional. Tujuannya untuk membantu para siswa SLTA yang akan menghadapi UN agar terbiasa mengerjakan soal dan tahu bagaimana cara membedah soal yang dianggap sulit khususnya mata pelajaran Matematika.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan bedah soal ini dapat membantu para siswa kelas XII yang akan menghadapi UN beberapa bulan kedepan. Dan kami juga memberikan peluang kepada seluruh siswa yang lulus tahun ini untuk kuliah di STKIP Yasika Majalengka. Kami menyediakan beasiswa kuliah gratis bagi siswa yang memiliki Kartu KIP, silahkan mendapaftarkan diri dan kami siap membantu Anda untuk mendapat beasiswa kuliah gratis sampai jadi sarjana,” tandas Rully. (Rilis) (eko)

Leave A Reply

Your email address will not be published.